Sabtu, 23 November 2013

Silikon Vs Dakron

Pulang sekolah, langsung meluncur ke toko Mandala. Toko yang menjual silikon maupun dakron, baik dalam bentuk lembaran atau yang kiloan. Tempatnya persis disamping masjid di tanah abang. Itu lho, masjid yang dulu didepannya ramai, penuh dengan orang jualan maupun parkir kendaraan. Masjid apa ya namanya.. kalo ga salah masjid Al Makmur..


Belinya sih 5 meter.. ternyata gulungannya tuebeeell sekali.. hehehe
Silikon yang tebal ini, harga permeternya 40ribu, cocok buat selimut. Ada juga yang harga 35 ribu, bisa juga buat selimut, namun sedikit lebih tipis. dan yang lebih mahal lagi harganya 45 ribu... bagus gitu, kalau dipegang permukaannya halus, seperti ada lapisan yang sedikit mengkilap kayak viselin... ^^

Nah berikut perbedaan Silikon dan Dakron berdasarkan pengamatanku.. Simak ya..
Silikon (kiri) & Dakron (kanan)

Silikon

Dakron
Perbedaannya;
1. Silikon tidak berserat, kalau Dakron itu berserat.
2. Jika digenggam, Silikon itu lembut seperti memegang kapas, kalau Dakron terasa agak keras atau kasar.
3. Harga Silikon lebih mahal dibandingkan Dakron.
4. Mengquilt dengan Silikon lebih mudah daripada dengan Dakron. Untuk ketebalan yang sama ya... sekitar 4 cm. Namun, jika dakronnya tipis mengquiltnya mudah kok...^^ 
5. Membuat selimut menggunakan Silikon lebih awet daripada Dakron. Karena lambat laun, dakron akan menggumpal.. Itu menurut mereka yang pernah pakai dakron ya.. 

Menurutku, mau pakai dakron atau silikon itu sesuai selera ya.. yang penting tahu kebutuhannya buat apa.. Jika mau membuat sarung bantal kursi, pakai dakron juga ga papa...  harganya juga jauh lebih murah sekitar 30rb permeternya. Itu yang paling tebal ya, sekitar 4 cm.. 

Nah, itulah perbedaan antara silikon dan dakron, semoga bermanfaat ya..




25 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...halo mba :) apa kabar nih???
    Btw, dakron di tk mandala ada yang tipis spt udah dipress ga? KIra2 1/2 cm. Susah banget nyari dakron tipis...hehe.

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam bunda Ayu.. Alhamdulillah kabar baik.
    di toko Mandala tidak ada dakron press bunda, setahu saya mbak Eka Yunita menjual dakron press. Lokasinya di plaza semanggi lantai 2.. ^^

    BalasHapus
  3. ♏αʋ tny mba, silicon itu lebarnya brp ya? Trus klu Ƴɒɲʛ kiloan, sekilonya brp?

    BalasHapus
  4. insyaallah kalo tidak salah lebarnya 250cm.. kalo kiloan itu silikon untuk boneka ya.. hrg sekitar 22rbu ada yg 26ribu.. tergantung jenisnya.. ada beberapa macam..^^

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak Arrum..
      Silikon yang saya maksud diatas digunakan sebagai batting saat mengquilt sebuah karya. Jika yang dimaksud adalah berapa meter yang digunakan saat mengquilt maka silikon yang dibutuhkan 1 meter saja cukup. Namun untuk isian bantalnya, sebaiknya menggunakan silikon/dakron yang kiloan... untuk berapa kilonya, maaf saya kurang paham.. tergantung jenis silikon yang dibeli. Ada silikon yang mengembang sekali, jadi sedikit yang dimasukkan saja sudah bagus..^^

      Hapus
  6. Mba, kalo yg jual online silikon lembaran berbagai macam ketebalan dimana ya? Aku tinggal di daerah jadi agak susah nyarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba klik di http://tokokainflanel.com
      kalo dacron pres di. https://www.facebook.com/fonny.winata.7?fref=photo

      Hapus
  7. Mbak itu masjid di tanah abang yang di lantai paling atas yy

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan.. masjidnya dipinggir jalan raya

      Hapus
  8. Mbak, dakron yg d gambar bisa d pakai untuk isian bantal g? Hargax brapa y mbak? Itu kiloan ato per meter? Btw letak tepatx toko mandala d mana y? D sebelah manax blok A?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto digambar digunakan untuk quilt selimut atau sarung bantal.. untuk isi bantal tersedia juga di Toko Mandala, alamatnya Jl KH Mansyur No 8 Samping Masjid Al Makmur Telp. 021 31923334.. untuk harga silahkan tanya disana ya.. ^^ lokasi ini sebelum memasuki gedung tanah abang.. jd dipinggir jl raya

      Hapus
  9. Mbk klo mengquilt hangging wall bagusnya pkecyg mana biar hasilnya kokoh??

    BalasHapus
  10. Mbk klo bikin hanging wall biar hasilnya kokoh bagusnya pke yg mana?? Kan yg buat selimut beds dg yg buat karpet quilt Dan hanggingwall

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung selera bunda.. saya lebih suka silikon karena lebih empuk saat mengquiltnya ( handquilt ).. akan terasa capek sekali jika mengquilt dengan dakron. Silikon ada yg tipis ada yang tebal.. jika mau lebih gembul pilih yang tebal.. biasanya saya pakai yg harga 36rb, itu sekitar 6 oz, jika mau lebih tebal ada yg harga sekitar 45rb..

      Hapus
  11. Bagus ya...saya suka sekali. Terima kasih...

    BalasHapus
  12. Mba dimanakah ada jual dacron kapas yg paling murah mba? Saya dipekanbaru mba, masih mahal harganya. Mohon infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba klik di http://tokokainflanel.com
      kalo dacron pres di. https://www.facebook.com/fonny.winata.7?fref=photo

      Hapus
  13. Assalamualaikum mba,
    Mau tanya menurut mba kalo mau membuat baby comforter/selimut bayi bisa nggak pakai dakron kapas bukan lembaran? Krn saya punyanya yg model kapas..

    Makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  14. Walaikumsalam mbak Sitta..

    Selimut bayi baiknya menggunakan dakron lembaran/bisa juga dakron pres (tipis menyerupai flanel).. Jika menggunakan dakron kapas, akan mengalami kesulitan saat proses quilting karena bidang yang tidak rata. Dakron kapas baik digunakan untuk isi boneka, bantal bayi maupun guling.. ^^

    BalasHapus
  15. mba mau ty yang jual silikon press dimana online atau offline

    BalasHapus
  16. Toko mandala tanah abang mbak...

    BalasHapus
  17. Mba, klu dakron ut sejadah bgs pke dacron lembaran yg tebal brp? Trs klu mo psn, tp sy d sulawesi, gmn cr nya mba?

    BalasHapus
  18. pakai dakron press ga papa.. ^^
    maaf, saya tidak jual dakron/silikon

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Kreasi Bundae Qilla