Jumat, 13 Oktober 2017

Mpasi Enaaak..

Ding doong..

Hari ini adek Kei bangunnya pagiii banget... Anteng ditaruh di kretanya.. adek pinter, bunda sibuk bikin jus dan sarapan buat kakak.

Kali ini jusnya adalah campuran buah apel dan mangga golek.. abis diblender ambil beberapa sendok digelas, tambah susu dan air putih.. ini jus buat kakak. Sementara adek ya mamam pure apel dan mangga aja yaa.. ga pake campuran.. ^^

Kakak sarapan adekpun ikut mamam pure buah apel dan mangga.. yummiiee asam-asam seger gitu..

Selanjutnya bunda mo nyiapin makanan mpasi yang mengandung karbohidrat dan lainnya.. . 

Kentang Ikan Laut



Bahan:
- satu sendok makan nasi yang sudah matang
- satu buah kentang, kupas dan potong dadu
- potongan ikan laut (5cm)
- satu sendok makan kacang merah (sudah direbus ya)
- air secukupnya

Bumbu:
- bawang putih
- margarin
- daun bawang/bawang prei
- seledri

Cara:
1. tumis bawang putih dengan margarin, tambah air sampai mendidih, lalu masukkan ikan laut.
2. tambahkan kentang. 
3. tambahkan kacang merah.
4. masukkan daun bawang dan seledri.
5. matang, angkat dan siap diblender.

Naahh adek Kei mamamnya pasti hap hap..

Oh iya.. kemarin bikin menu baru.. namun lupa motretnya hehehehee.. ga papa yang penting cara bikinnya toh.. okelah yuk simak!

Labu Kacang Merah


Bahan:
- satu sendok makan beras (cuci bersih)
- labu/pumpkin
- kacang merah (sudah direbus)
- air secukupnya

Bumbu:
- bawang putih

Cara:
- rebus air sampai mendidih, masukkan beras dan masak hingga berbentuk nasi.
- tambahkan bawang putih, kacang merah dan labu. 
- masak hingga matang, angkat dan blender. 

Rasa yang baru bikin adek semangat mamamnya.. cihuuuyy nyaammmiiee.. ciyus, mo coba!

#kreasibundaeqilla #waktunyakita #mamamalakei #mpasienak #mpasisehat #menu8bulan #labu #kentang #kacangmerah #likempasi

Rabu, 04 Oktober 2017

Menu Bayi 7-8 bulan

Hai..hai... permirsaah ^^

Kali ini saya mo berbagi resep makanan buat adek Kei, bayi usia 7-8 bulan.. Naah, dikisahkan si adek ini mamamnya cepet hap-hap namun cepet juga bosan.. maka saya mencoba memasak menu baru buatnya... 

Menu Udang


Bahan:
- 2 udang besar
- 2 sdm nasi putih, matang
- 1 buah kentang, kupas potong dadu
- 1 iris tahu, potong dadu
- air secukupnya

Bumbu:
- margarin
- bawang putih
- bawang bombay
- tomat

Cara memasak
1.Tumis bawang putih dengan margarin secukupnya hingga harum, masukkan udang.
2. Beri sedikit air, jika mendidih masukkan nasinya, kentang, tahu, bawang bombay dan tomat.
3. Masak hingga air meresap atau kentang sudah lunak. Angkat dan blender.
4. Siap disajikan ^^

Menu Beras Merah


Bahan:
- 2 sdm beras merah 
- 1 sdm kacang merah
- 1 buah kentang, potong dadu
- 1 iris tahu, potong dadu
- 1 potongan kecil ikan laut/ayam/udang
- air

Bumbu:
- bawang putih
- bawang pre/daun bawang
- seledri

Caranya:
1. Rendam beras merah dan kacang merah dengan air panas sekitar 1-2 jam.
2. Rebus air, masukkan beras merah dan kacang merah hingga berubah sedikit lebih besar/mengembang.
3. masukan bawang putih, diadu-aduk hingga nasi lebih lunak kemudian masukkan tahu dan kentang.
4. jika kentang sudah matang, masukkan bawang pre dan seledri, aduk hingga menjadi bubur.
5. blender semuanya dan siap disajikan.

Menu Ati Ayam


Bahan:
-1 ati ayam kampung, rebus hingga masak
- bayam secukupnya
- 3 sdm nasi putih
- 1 buah kentang, kupas potong dadu
- wortel secukupnya, kupas potong dadu
- margarin
- kaldu ayam/sapi

Bumbu:
- bawang putih
- bawang merah
- tomat

Caranya:
1. tumis bawang merah dan bawang putih dengan margarin secukupnya lalu tambah dengan kaldu.
2. masukkan kentang, nasi, ati ayam, wortel dan tomat, aduk hingga nasi sedikit menjadi bubur.
3. masukkan bayam, aduk hingga bayam matang.
4. blender semuanya dan siap disajikan.

Itulah beberapa menu yang disukai adek.. Pabila adek mulai bosan dengan menu diatas, maka.. ya cukup makan nasi yang dicampur abon khusus balita ajaah.. ^^

Punya anak setipe dengan adek Kei.. !?? Nah.. silahkan dicoba ya resepnya.. semoga menunya cocok buat sikecil.. agar hap-hap mamamnya dan tumbuh jadi anak sehat.. ^^

#kreasibundaeqilla #waktunyakitamasak #mpasi7-8bln #mamamalakei #akubayisehat #yukmasak #sharempasi #atiayam #berasmerah #tomat

Jumat, 29 September 2017

Kreasi Bundae Qilla: Selimut & Sajadah

Kreasi Bundae Qilla: Selimut & Sajadah: Tengkiuu sudah order kakak.. ^^ Yippie, pattern selimutnya sudah jadi niih... Critanya ini selimut buat anak cowok.. kalo sudah be...

Kreasi Bundae Qilla: Belajar Patchwork, Bisa.. ^^

Kreasi Bundae Qilla: Belajar Patchwork, Bisa.. ^^: Mainan baru... Yeaay!! Begitulah.. senangnya bunda Rita saat kit basic patchwork ala Q-La sedang dalam perjalanan.. ^^ Pensiun dari ...

Kreasi Bundae Qilla: Freesia Pattern

Kreasi Bundae Qilla: Freesia Pattern: Baru jadi nih... pattern terbaru ala Q-La.. ^^ Yang suka jahit tangan.. merapaaat yaa.. Yup, karena terinspirasi oleh Adida Indonesia, ...

Freesia Pattern

Baru jadi nih... pattern terbaru ala Q-La.. ^^

Yang suka jahit tangan.. merapaaat yaa..

Yup, karena terinspirasi oleh Adida Indonesia, makanya dicobalah bikin beginian.. lace applique..
Taraatt...


Kali ini desainnya adalah Bunga Freesia. Tumbuhan yang berbau harum dan tumbuh dari benih maupun umbi. Warnanya beragam ada putih, cream, kuning, oranye, merah muda, merah, ungu dan biru.
Jadii.. suka-suka quilter deh  mo warna apa.. ^^


Nah.. kalo semuanya dibikin putih, jadinya seperti itu ya.. cantiiikkan.. ^^

Oh iya.. ini adalah pola untuk penyuka aplikasi ya (jahit tangan lover deh).. jika mau belajar patchwork basic, boleh kok tanya-tanya.. silahkan japri 087880192999.. Atau mau order pattern lainnya.. monggo, ditunggu yaaa..

Dan tengkiu buat mamih admin adida.. menginspirasi diriku banget.. ^^

#laceapplique #kekinian #ilovepatchwork #patternquilt #lovequilt #akuindonesia #kreasibundaeqilla #adidaindonesia #akubisajahit #banyuwangipunyacerita

Sabtu, 16 September 2017

Belajar Patchwork, Bisa.. ^^

Mainan baru... Yeaay!!

Begitulah.. senangnya bunda Rita saat kit basic patchwork ala Q-La sedang dalam perjalanan.. ^^

Pensiun dari kerjaan membuat bunda Rita ingin mengisi waktu luang dengan belajar menjahit.. kali ini warna yang dipilih nuansa biru dan ungu.


Serunya contoh quilt kali ini merupakan kain panel dengan motif teko.. canttiiikkk deh.. horreew kan, semoga semangat dalam berkarya yaaa.. 


Mau belajar juga.. ??? ^^
Info wa 087880192999 

Mau tanya-tanya dulu juga boleh.. Kit basic patchwork ala Q-La dibuat jika ada yang berminat belajar. Kit berisi tutorial, template, contoh masing-masing blok, benang quilt, jarum quilt dan contoh quiltnya.. ah iya.. ga perlu datang ke tempat workshop jika memang tidak bisa datang.. ^^ belajarnya cukup dirumah masing-masing gitu deh.. Jadi yuk belajar basic ala Q-La 

#kitbasic #akubisajahit #kreasibundaeqilla
#ilovequilt #onlineclass #pilihkainsendiri
#patchwork #serunyajahitdirumah

Kamis, 07 September 2017

Selimut & Sajadah

Tengkiuu sudah order kakak.. ^^

Yippie, pattern selimutnya sudah jadi niih...


Critanya ini selimut buat anak cowok.. kalo sudah besar nanti mo jadi astronout.... wuusshh... keliling planet mengitari bintang dan menebus awan gitu deh.. aaah mimpi yang indah ya nak.. ^^

Daan desain sajadahnya.. seperti ini..


Ukuran 60x100cm desainnya ada motif mawar di ujung atas dan bawah. Warna tidak harus seperti itu ya.. boleh kok diganti dengan warna favorit.. Sementara yang ukuran 70x110cm desainnya seperti dibawah ini.. Bordernya berbunga-bunga..


Yang ingin bikin sajadah sendiri, dengan aplikasi bunga yuk marii.. koleksi patternnya.. hubungi 087880192999(wa yaa) Boleh juga order pattern yang lainnya..

Naaah kalau mau pesan selimut buat baby boy.. inbox fb mbak Siti Sarah ya.. dan sadajahnya bisa colek-colek fb mbak Ninik Indira.. ^^

#applique
#kreasibundaeqilla.blogspot.com
#patternquilt
#orderyuk
#ilovepatchwork

Selasa, 29 Agustus 2017

Menu Kacang

Begini.. 
Berhubung mau memasak gasnya habis, jadi mamamnya adek sedikit tertunda ya.. nungguin kakek datang buat masang gas hehehee.. lumayan sudah siang sih.

Ceritanya kali ini saya masak kacang hijau dan kacang merah.. Buat adek?? Iya, mamam dengan rasa baru... kombinasi baru yang belum pernah dicobain, gitu deh.. ^^

Caranya:
Rendam kacang hijau beberapa jam dengan air biasa namun saya beri potongan es beku. Halah apa itu namanya.. ice cool yang biasa buat pendingin itu lho.. bisa juga pake jelly cool gitu deh.. kalau tidak ada buatlah es batu dengan plastik kiloan. Jika sudah beku ya taruh di rendaman kacang hijau. Hal yang terkadang saya lakukan adalah malam hari cuci bersih kacang hijau, beri air lalu masukkan ke frezzer. Keesokan harinya kan sudah beku tuh, keluarkan dari frezzer dan tunggu mencair baru deh di masak..
Tujuannya, agar si kacang hijau ini empuk saat dimasak nanti. Ga usah menunggu sampe kacang hijau hancur semua, insyaallah sudah empuk... ini yang biasa saya lakukan lho.. ^^

Untuk si kacang merah, saya masak air panas dahulu. Kemudian rendam kacang merah yang sudah dicuci tadi dengan air panas, kira-kira dua jamlah. Tunggu sampai kacang merah ini nampak lebih gendut dari sebelumnya. Lalu rebus kacang merah hingga matang, ini lumayan agak lama ya.. Saya rebus hingga air mau habis terus ditambah air lagi.. benar-benar direbus hingga empuk agar rasanya enak dan mudah diblender.

Resep 1; 
Kacang Hijau vs Kacang merah

Blender kacang hijau dan kacang merah secara bersamaan. Untuk jumlahnya menyesuaikan ya.. ^^
Saya bikin satu gelas kecil kacang hijau dengan dua sendok makan kacang merah. Cuzz blender hingga lembut.

Resep 2;
Kacang Merah vs Nasi Putih

Berhubung nanti ga mau mamam resep 1, jadi dibuatlah resep kedua.. ^^

Kali ini saya pakai nasi yang sudah matang ya.. cukup dua sendok makan nasi matang, dua sendok makan kacang merah dan sedikit air. Blender hingga halus.

Kenapa bikin dua resep? 
Ya takut adek tutup mulut nih.. karena jadwal mamamnya sudah molor, jadi biar sekalian masaknya hehhee..


Oke, saat di tes resep pertama.. mulut dibuka lalu suapan kedua ditutup.. hmm.. tidak terlalu antusias.. Tes resep kedua, sama.. mulut di buka lalu ditutup.. hmm makin bingung nih saya.

Kembali ke resep pertama.. disuapin.. mulut dibuka lebar.. suapan berikutnya makin lebar.. ditunggu reaksinya.. eeh adek teriak.. mungkin mo bilang lagiii.. hehehe


Jadi resep pertama juaranyaa.. horraayy..!! Resep kedua itu mau mamam namun mungkin lebih tertarik pada resep pertama ya.. ^^

Monggo silahkan dicoba resepnya.. 

#mamamalakei #bikinanbunda #anaksehat #menualakei #kacanghijaukacangmerah

Senin, 28 Agustus 2017

Pure Buah

Bingung ya mo bikin apa buat mamamnya adek...?? Emm sini aja dulu, baca-baca... ^^

Berhubung sekarang adek Kei mamamnya agak sering, maka dibuatlah daftar menu ya (tidak harus sesuai jam sih). Dan waktunya disesuaikan dengan kebiasaan adek bangun. Misalnya, adek ikutan bangun atau bangun duluan sebelum kakak bangun. Kira-kira jam setengah 5 subuh. (Nah lho.. rempong kan kalo mo nyiapin sarapannya kakak.. Adek bangun, otomatis gendong dong.. hihihii ^^)
Maka, kira-kira jam 6 pagi adek sudah sarapan buah (dalam bentuk pure ya..) lalu jam 7.30 mandi pagi kemudian sekitar jam 8 pagi adek sudah tidur.

Setelah tidur kurang lebih sejam adek bangun.. dan kemudian sekitar jam 10 pagi mamamnya bisa kentang, labu, nasi putih atau beras merah.. lengkap dengan kombinasinya.

Jam 12 siang mamam pure buah lagi.. dan jam 3 sore mamam pure kentang dan sebagainya.

Terkadang tidak sesuai jadwal sih.. bangun subuh.. eeh agak lama tidur lagi hingga jam 9 nan.. suka-suka deh mamamnya, pokoknya disiapin dahulu.. ^^

Nah, jika buah pir dan jeruk baby menjadi favorit adek sudah habis stoknya.. maka menu barunya adalaaah...

1. Semangka
Semangka secukupnya, dibuang bijinya lalu di blenjer sebentar.. tanpa air ya.. hmm rasanya yang manis bikin adek suka..

2. Jambu merah
Jambu yang pink itu lho.. dikupas kulitnya, dibuang bijinya lalu di blender, tambah air dikit ya.. jika sudah lembut di mamam deh..

3. Jambu Kristal
Sama dengan jambu yang merah, kupas kulitnya buang bijinya lalu blender sampai halus.. tambahin air juga lho.. kalo jambunya manis, rasa purenya enaak sekali.. adek suka..


Sekarang pure jambu kristal ini sudah menjadi favoritnya adek lho.. nah kalo pas mulutnya tertutup rapat lagi.. itu berarti kembali ke menu sebelumnya.. hihihihii.. Silahkan dicoba..

#mamamalakei #bikinanbunda #adeksehat #sukabuah #semangkajambukristal

Pure Saken Merah

Tiba-tiba pengen jadi cheff.. ^^

Kepikiran pengen jual makanan bayi yang sehat. Ya, karena suka banget deh kalo liat adek Kei mamamnya lahap hap hap haap.. 

Oke menu kali ini adalah Pure Saken Merah.. yaitu bahannya terdiri dari Sabrang Kuning (Ubi jalar) vs Kentang vs Kacang Merah. Untuk beratnya sih menyesuaikan. Saya pakai satu sabrang, satu kentang dan dua sendok makan kacang merah.. 

Caranya mudah kok, sama seperti sebelumnya... Sabrang dan kentang di kukus sementara kacang merah direbus hingga lunak.


Masukkan dalam wadah, lalu blender deh.. Eh jangah lupa airnya ya.... sesekali di cek, kacang merahnya sudah hancur apa belum.. kalau sudah lembut, pure siap di santap.. ^^


Naaah.. sebelumnya, adek kei mamam pure sabrang kuning aja. Usai di kukus, dijadiin pure.. adek mau mamam.. namun jika keesokan harinya pakai menu yang sama.. hmm biasanya tidak terlalu hap hap.. makanya terciptalah menu Pure Saken Merah ini... hihihii..

Yang punya bayi, monggo silahkan dicoba.. eits.. ini bayi usia 6 bulan ke atas ya.. campuran air boleh diganti asi.. selamaat mencoba ya bunda... ^^

#menualakei #puresakenmerah #pengenjadicheff #mamamalakei #bikinanbunda #anaksehat 

Pure Labu Kuning

Taukan labu kuning..??

Iya.. ada yang menyebutnya waluh. Buah dari tanaman yang merambat yang berwarna oren gonjreng itu.. ternyata vitaminnya banyaak lho.. cocok untuk perkembangan balita. Kalsium dan magnesiumnya membantu membangun tulang yang kuat. Zat besi untuk memproduksi hemoglobin atau sel darag merah, fosfor untuk fungsi pencernaan, fungsi otak, pembentukan protein daaan sebagainya..

Karena itulah saya mencoba membuat pure labu kuning buat adek Kei..



1. Pure Labu (pumpkin)
Sepotong labu dibersihkan bijinya, lalu di cuci. Potong menjadi dua bagian kemudian di kukus. Jika sudah lunak, blender labu dengan sedikit air.. maka jadilah pure labu kuning... dan rasanya nyamiiie sekali, manis enak gitu dan adek suka, mamamnya banyak.

2. Labu vs Kentang vs Kacang Merah
Berhubung adek ini suka rasa baru... maka dibuatkan kombinasi tiga bahan ini. Ya, rebus kacang merah hingga empuk (sebelumnya direndam air panas). Kukus labu dan kentang hingga matang. Siapkan blendernya, campurkan tiga bahan tersebut dengan air secukupnya.. daan jadilah menu baru.. Yeay!

3. Labu vs Edamame
Nah, dilain hari saya bikin campuran labu kuning dan edamame.. enak lho, adek suka..

Kukus potongan labu dan rebus edamame. Blender halus dengan tambahan sedikit air.. Mudah kan.. ^^

Cobain deh.. eh labu kuning yang di kukus dibuat campuran bubur kacang hijau juga ueenaak hehehehee.. ciyus! kata saya sih.

note:
Makasih buat uti sudah dibawain labu dari Wongsorejo. Asli ini labu enaak sekali.. Dan sayapun mendaftar jadi penggemar labu.. ^^

#mamamalakei #anaksehat #bikinanbunda #purelabukuning

Bubur Nayam Merah

Yippiiee...
Menu baru buat adek Kei diberi nama Nayam Merah.. apa itu??? Adalah nasi putih vs bayam vs kacang merah.. hehehee


Begini buatnya;
1. Beras secukupnya direndam kira-kira sejam gitu deh. Siapkan air dalam panci, beras tadi di taruh dalam wadah yang lain kemudian ditim.
2. Rendam kacang merah dengan air panas. Sekitar sejam, lalu rebus hingga matang atau lunak.
3. Saat nasi mau matang masukkan beberapa lembar bayam yang sudah dicuci. Saya hanya menggunakan daunnya saja ya, batang bayam tidak dipakai atau cuma sedikit sekali.
4. Nah, jika semua bahan sudah matang.. maka siap diblender. Jangan lupa kasih air ya.. Blender sampai lembut dan siap disantaap.. nyammiiee..

Eh iya, untuk kacang merah, saya pakai dua sendok makan saja ya.. ^^ selamat mencoba

#buburalakei #bikinanbunda #anaksehat #mamamalakei #nasibayamkacangmerah

Pure Nyammiiee..

Haii.. haii.. bundaa.. ^^

Jadiii.. sekarang adek Kei belajar mamam yang agak kental ya.. model pure-pure gitu deh..

Ini catatan pure ala Kei;

1. Pure Apel
Kali ini saya kukus buah apelnya, lalu diblender, jika sudah lembut segera dimamam adek.. mercing-mercing gitu deh ekspresinya.. okelah dek, besok ganti yang lain ya..^^

2. Pure Pir
Kukus buah pir sampai empuk, kemudian blender ya.. kalo da kayak bubur baru deh dimamam.. Yup! Lumayaan, mulutnya dibuka terus..

3. Pure Apel vs Pir
Ini kolaborasi yang unik lho.. seger-seger asam gitu.. hehehe..  kukus buah apel dan pir lalu di blender.. Daan eng ing eeeng.. buka tutup mulut gitu ya hehehe..  aah adek suka gitu siih.. apalagi kalo sudah disembuur.. artinya stop mamam.

4. Pure Kentang
Kukus kentang, buang kulitnya kemudian blender dengan sedikit air.. biar agak cair dikit ya.. Wiih model gini adek ngejer sendok terus.. enaak ya dek

5. Bubur Beras Merah
Rendam beras merahnya.. yaa sekitar dua jam boleh.. kemudian di tim.. kalo da matang baru deh di blender. Dan cihuuy seneng deh liat adek mamam..

6. Kentang vs Edamame
Rasa baru yaaa.. Edamame direbus sebentar lalu ditiriskan. Ambil bijinya kira-kira satu sendok makan kemudian blender dengan sebuah kentang yang sudah dikukus. Tambah air secukupnya.. daaan Hap hap.. ini rasa kesukaan adek.. mamamnya buanyaaak..

7. Kentang vs Kacang Hijau
Nah.. kacang hijaunya direbus dulu ya.. eh sebelumnya direndam beberapa jam agar empuk. Usai direbus kemudian diblender, saring.. Kali ini saya pakai air kacang hijau sebagai tambahan kentangnya. Kentang yang sudah dikukus lalu diblender tambahkan air kacang hijau tadi. Jika sudah lembut baru deh di mamam.. enaak lho..

8. Kentang vs Wortel vs Edamame
Adek belajar mamam wortel nih.. kukus kentang dan wortel. Rebus juga edamamenya.. nah jika sudah matang diblender semua.. kasih air ya.. jika sudah lembut siap disantaap..




Karena ga sempet dokumentasi semua menu.. jadi fotonya seadanya aja yaa.. semoga menu adek Kei ini bisa jadi pilihan dedek bayi lainnya.. selamaaat mencoba ^^

#mamambayi #menualakei #puresehat #makanankukus #bikinanbunda #anaksehat

Mamamnya Kei

Menu di minggu kedua, masih dengan buah ya.. selain buah pir, apel dan jeruk baby kali ini saya coba buah lain, karena adek Kei mulai menutup mulutnya.. ^^

Menu ala Kei;

1. Pisang
Satu buah pisang berlin, dikerok aja lalu di mamamkan ke adek Kei..

2. Kiwi
Satu buah kiwi golden (warnanya kuning.. rasanya manis...) di kupas kulitnya,lalu blender trus dimamam deh.. Kadang juga buah kiwi saya iris tipis trus dimamamkan ke adek. Sebelumnya dihalusin pakai sendok ya.. biar halus.. kiwi golden ini mendekati bagian tengah makin asam rasanya..

3. Mangga
Kapan hari saya coba mangga golek. Rasanya yang asam segar membuat adek merem2 saat mamam.. Kupas mangga, blender dan segera di mamam ya..

4. Mangga vs Pir
Untuk rasa baru campur buah mangga dengan buah pir. Kupas dan potong dadu masing2 buah lalu blender sampai lembut.. wiih ini enak sekali.. segerrr pokoknya..


5. Alpukat
Saya sih suka alpukat mentega, namun karena adanya alpukat biasa.. baiklaah dicoba buat adek..
Caranya sama kupas alpukat, potong dadu lalu blender.. siyap dimamam deh..^^

6. Anggur vs Mangga vs Pir
Begini deh kalo adek da mulai tutup mulut.. buahnya musti dikolaborasi agar jadi rasa baru.. mangga vs anggur vs pir, diblender bersamaan hingga lembut. Eh.. semua kulit dikupas ya.. anggur juga, dan dibersihkan bijinya..

7. Pepaya
Kupas pepaya, potong kecil-kecil lalu blender. Menu ini lumayan berhasil membuat adek Kei membuka mulutnya..

8. Apel vs Pir
Duo buah ini juga bisa jadi pilihan, kalau adek da menutup rapat bibirnya.. ^^

Naaah, kalo menu ini adek da bosan, kembali ke menu sebelumnya ya.. selamat mencoba ^^

#menubayi #mamamalakei #anaksehat #bikinanbunda #mamambuah

Minggu, 27 Agustus 2017

Menu ala Kei.. ^^

Hai bundaa... alohaa.. ^^

Berhubung masih belum deket sama mesin jahit.. jadi sekarang lebih dekat, dan makin deket dengan yang namanya handblender...


Iyeslah... semenjak adek Kei menginjak usia 6 bulan, mulai tuh dikenalkan dengan mamamnya ala bayi.. misalnya.. seminggu pertama dikenalkan rasa buah, masih yang cair ya.. berikut catatannya.. ^^

Menu ala Kei;

1. Jus jeruk baby
Satu buah jeruk baby (waktu itu adanya jeruk baby pacitan). Diperas, disaring lalu boleh ditambah asi kemudian baru deh di mamam.. ini adek suka..

2. Jus Apel
Satu buah apel. Untuk apel saya cari yang warnanya pink dan apel yang warnanya merah (yang manis pokoknya, banyak air juga) dikupas bersih, kulitnya dibuang ya.. lalu di blender kemudian disaring.. trus di mamam deh..

3. Jus Pir
Saya pilih pir yang gendut ya.. yang banyak dagingnya.. Kupas kulitnya lalu blender. Saring dan di mamam..

Selama seminggu setiap hari menunya masih encer ya.. selamat mencoba ^^

#menubayi #mamamalakei #anaksehat #bikinanbunda #mamambuah

Minggu, 13 Agustus 2017

Becak Merah Putih

Helloow....

Sudah datang ke pameran di museum tekstil belum.. Sempatin datang ya.. mari ramaikan acaranya.. Quilt 72 Merah Putih.. Merdeka !! ^^



Semua quilt berwarna merah putih, tak ketinggalan si becak juga lho.. Penasaran kan siapa yang membuatnya.. Yuk kenalan ^^


Ini dia, bunda Ninik Indira namanya.. sejak pindah ke Solo tahun 2011 saat melihat kerjaan saudaranya, bunda Ninik sudah kepincut dengan patchwork.. begitulah.


Suka ngeliatnya.. makin tahu makin jatuh cinta.. mulai deh belajar... Dan akhirnya jadi deh sebuah karya.. Emm sekarang sudah jadi beberapa karya siih... kerenkan... ^^

Dan suatu hari dalam rangka memeriahkan acara Wastra Indonesia Merah Putih.. bunda Ninik memesan sebuah pattern bertemakan becak, sayapun bertanya..


Kenapa Becak??
Karena becak kendaraan yang merakyat.. dan tema yang diangkat dalam pameran merah putih tersebut topiknya daerah dan budaya.. iyeslah.. saya setuju dengan beliau... becak hampir punah..

Usai didesain, di print lanjut jahiit ya.. dan beginilah hasilnya.. Waw kan!


Rapiiiih deh hasil jahitannya.. T.O.P. banget deh.. sabar sekali ya ngerjain aplikasinya ^^


Cihuuy... si becak merah kalo sudah di quilt, cakeeeppp yaaa.. keren banget hehehee ^^

Rencananya tanggal 22 nanti bu Ninik akan hadir di museum tekstil. Naah yang mau ketemuan dengan beliau.. monggo hadir disana juga... ^^

Bunda Wien dan bunda Ninik, makasih susah berbagi fotonya... ^^

#quilt72merahputih
#pamerankeren
#wanitaindonesia
#akupancasila
#akubisajahit
#jasapattern

Sabtu, 12 Agustus 2017

Quilt 72 Merah Putih, keren!

Waaahhh.. pokoknya jempolan deh.. 

Bersyukur sekali, meski hanya melihat dari foto saja.. saya bisa menikmati karya para wanita Indonesia dalam Quilt 72 Merah Putih. Rasanya gimana gitu.. padahal hanya dua warna lho.. hasilnya keren abis. Serius, takjub sekali dengan karya mereka semua.. Aah seandainya saja dekat.. ^^

Jadii.. setelah mendapat ijin dari bu Wien, bunda Arni dan bu Ully.. maka saya share foto-foto ini. Supaya nanti semangat saya menggelora.. semangat 45 gitu deh saat menjahit nanti.. hehehe.. Yuk mari bersama-sama kita nikmati keindahan merah putih ini.. ^^


Hayyoo.. coba deh dihitung, ada berapa kotak dalam karya quilt diatas ??

Yup bener! Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 72, maka komunitas seniman kerajinan tangan Indonesia bergabung dalam pameran ini.
Foto diatas disebut Quilt Persahabatan, yang terdiri dari 72 kotak yang berbeda dan disambung menjadi selimut yang besar.. wow kan..


Yeaaay!... Sungguh senangnya bisa mejeng disini.. lihat.. itu kapal pinisi saya.. cihuuy.. bangga nian bisa turut serta.. 





Gimana.. keren kan, ini belum semuanya lho... ^^


Didalam gambar tangan itu ada peta Indonesianya.. wwwiiiih..  keren banget ya. Lalu.. hexagon dengan tema pancasila berikut lambangnya.. ambooy kereen bingiit deh.. Rumah adatnya juga baguuss. Dan becak! Aah saya tau ini karya siapa.. ihiirr..


Quilt yang satu ini menarik ya.. Wayang Kulit ala bu dokter Irma.. cakeeeep.. daan masih banyak lagi yang keren-keren lainnya.. ^^



Ini karya bunda Arni... tau ga sih itu mawarnya disulam semua.. rapiiih trus bordernya pake yoyo... aah cakeep deh. Ga kebayang nyambung yoyo segitu banyak.. ckckck .. kagum saya.



Aaahhh.. ngelamun dulu, jika seandainya saya berada disana..  terharu kayaknya.. senyum lebar, mata berbinar dan pastinya jepret sana sini.. jadiii makasiih banget sudah dikasih ijin buat save and share.. penting bagi saya... ^^

Kurang seru ya cuma baca ajah! Merasa ingin mengabadikannya langsung.. selpi-selpian gitu.. kepoin deh Musium Tekstil mulai tanggal 12 - 26 Agustus 2017. Besok dibuka mulai pukul 09.00-16.00 Wib. ya.. dan tanggal 14,17,21 pameran libur.. catet itu.

#quilt72merahputih
#quiltpersahabatan
#indonesiamerdeka
#akupancasila
#akubisajahit


Jumat, 04 Agustus 2017

Quilt 72 Merah Putih

Yuhuu..
Assalamualaikum..

Da deket ni... acara Pameran Merah Putihnya.. yang punya waktu dan kesempatan dateng ya.. Rame-rame bawa geng kumpul-kumpul nikmati serunya pemandangan dengan nuansa merah putih.. temukan juga kapal pinisi ya gaaeess... ^^


Mau ikutan workshop juga boleh.. niih yang penasaran sama bunda Nisa dengan karyanya.. hayuk datanglah...



Beneraan.. Workshopnya macem-macem, talkshownya banyaak.. cek deh fbnya bunda Wien Wardana. Disana bakal nambah ilmu, nambah pengetahuan, nambah temen... daan mungkin nambah koleksi yaa.. ^^




Adida juga tampil lho.. pokoknya akan banyak quilters yang hadir.. kebayangkan kerennya 72 tahun Dirgahayu Indonesia Merdeka!

Jangan lupa di Musium Tekstil tanggal 12-26 Agustus 2017.

#pameranmerahputih
#quilt72merahputih
#72thmerdeka
#dirgahayuindonesia
#indonesiaraya
#akupancasila


Senin, 24 Juli 2017

Pinisi

Tau kan.. Pinisi itu kapal tradisional dari Indonesia.. yayayyaa.. berasal dari suku Bugis dan suku Makassar di Sulawesi Selatan.. ^^

He-eh bener.. jadi Pinisi itu merupakan nama layar. Kapal yang memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar (tiga diujung depan, dua didepan dan dua di belakang).
Biasanya kapal Pinisi ini digunakan untuk mengangkut barang antar pulau lho..

Dua tiang layar utama dimaksudkan sebagai dua kalimat syahadat sedangkan tujuh layar merupakan jumlah ayat dari surah Al-Fatiha. Kapal Pinisi ini juga mempunyai makna nenek moyang Indonesia ini mampu mengarungi tujuh samudra besar di dunia.. Wew kan!

Nah, dalam rangka mengikuti project gotong royong oleh bunda Wien, saya ikutan bikin quilt dengan membuat Pinisi ini.. Lihat..



Ceritanya kapal Pinisi ini sedang berlayar diterjang ombak gitu deh..  dari Banyuwangi ke Jakarta hehehe.. ^^


Temanya sih merah putih.. Dan mini quilt ini akan digabungkan dengan karya quilters lainnya.. seruukan.. dari satu blok ini di jahit dengan puluhan blok lainnya, lalu akan dipajang didalam Musium Tekstil.. widiihh penasarankan..

Pengen liat datang aja ya.. ke Musium Tekstil.. ^^

Wastra Indonesia bekerja sama dengan Musium Tekstil mengadakan Pamerah Merah Putih pada tanggal 12 - 26 agustus 2017.



Akan ada banyak WS yang diadakan.. dan juga talkshownya macem-macem.. infonya coba cari deh Fbnya bunda Wien Wardana.. atau datang langsung ya selama pameran.. Pasti seru itu..

#pameranmerahputih 
#acarapameranmerahputih #72thindonesiamerdeka
#musiumtekstil
#kreasibundaeqilla
#akubisajahit