Minggu, 13 Agustus 2017

Becak Merah Putih

Helloow....

Sudah datang ke pameran di museum tekstil belum.. Sempatin datang ya.. mari ramaikan acaranya.. Quilt 72 Merah Putih.. Merdeka !! ^^



Semua quilt berwarna merah putih, tak ketinggalan si becak juga lho.. Penasaran kan siapa yang membuatnya.. Yuk kenalan ^^


Ini dia, bunda Ninik Indira namanya.. sejak pindah ke Solo tahun 2011 saat melihat kerjaan saudaranya, bunda Ninik sudah kepincut dengan patchwork.. begitulah.


Suka ngeliatnya.. makin tahu makin jatuh cinta.. mulai deh belajar... Dan akhirnya jadi deh sebuah karya.. Emm sekarang sudah jadi beberapa karya siih... kerenkan... ^^

Dan suatu hari dalam rangka memeriahkan acara Wastra Indonesia Merah Putih.. bunda Ninik memesan sebuah pattern bertemakan becak, sayapun bertanya..


Kenapa Becak??
Karena becak kendaraan yang merakyat.. dan tema yang diangkat dalam pameran merah putih tersebut topiknya daerah dan budaya.. iyeslah.. saya setuju dengan beliau... becak hampir punah..

Usai didesain, di print lanjut jahiit ya.. dan beginilah hasilnya.. Waw kan!


Rapiiiih deh hasil jahitannya.. T.O.P. banget deh.. sabar sekali ya ngerjain aplikasinya ^^


Cihuuy... si becak merah kalo sudah di quilt, cakeeeppp yaaa.. keren banget hehehee ^^

Rencananya tanggal 22 nanti bu Ninik akan hadir di museum tekstil. Naah yang mau ketemuan dengan beliau.. monggo hadir disana juga... ^^

Bunda Wien dan bunda Ninik, makasih susah berbagi fotonya... ^^

#quilt72merahputih
#pamerankeren
#wanitaindonesia
#akupancasila
#akubisajahit
#jasapattern

Sabtu, 12 Agustus 2017

Quilt 72 Merah Putih, keren!

Waaahhh.. pokoknya jempolan deh.. 

Bersyukur sekali, meski hanya melihat dari foto saja.. saya bisa menikmati karya para wanita Indonesia dalam Quilt 72 Merah Putih. Rasanya gimana gitu.. padahal hanya dua warna lho.. hasilnya keren abis. Serius, takjub sekali dengan karya mereka semua.. Aah seandainya saja dekat.. ^^

Jadii.. setelah mendapat ijin dari bu Wien, bunda Arni dan bu Ully.. maka saya share foto-foto ini. Supaya nanti semangat saya menggelora.. semangat 45 gitu deh saat menjahit nanti.. hehehe.. Yuk mari bersama-sama kita nikmati keindahan merah putih ini.. ^^


Hayyoo.. coba deh dihitung, ada berapa kotak dalam karya quilt diatas ??

Yup bener! Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 72, maka komunitas seniman kerajinan tangan Indonesia bergabung dalam pameran ini.
Foto diatas disebut Quilt Persahabatan, yang terdiri dari 72 kotak yang berbeda dan disambung menjadi selimut yang besar.. wow kan..


Yeaaay!... Sungguh senangnya bisa mejeng disini.. lihat.. itu kapal pinisi saya.. cihuuy.. bangga nian bisa turut serta.. 





Gimana.. keren kan, ini belum semuanya lho... ^^


Didalam gambar tangan itu ada peta Indonesianya.. wwwiiiih..  keren banget ya. Lalu.. hexagon dengan tema pancasila berikut lambangnya.. ambooy kereen bingiit deh.. Rumah adatnya juga baguuss. Dan becak! Aah saya tau ini karya siapa.. ihiirr..


Quilt yang satu ini menarik ya.. Wayang Kulit ala bu dokter Irma.. cakeeeep.. daan masih banyak lagi yang keren-keren lainnya.. ^^



Ini karya bunda Arni... tau ga sih itu mawarnya disulam semua.. rapiiih trus bordernya pake yoyo... aah cakeep deh. Ga kebayang nyambung yoyo segitu banyak.. ckckck .. kagum saya.



Aaahhh.. ngelamun dulu, jika seandainya saya berada disana..  terharu kayaknya.. senyum lebar, mata berbinar dan pastinya jepret sana sini.. jadiii makasiih banget sudah dikasih ijin buat save and share.. penting bagi saya... ^^

Kurang seru ya cuma baca ajah! Merasa ingin mengabadikannya langsung.. selpi-selpian gitu.. kepoin deh Musium Tekstil mulai tanggal 12 - 26 Agustus 2017. Besok dibuka mulai pukul 09.00-16.00 Wib. ya.. dan tanggal 14,17,21 pameran libur.. catet itu.

#quilt72merahputih
#quiltpersahabatan
#indonesiamerdeka
#akupancasila
#akubisajahit


Jumat, 04 Agustus 2017

Quilt 72 Merah Putih

Yuhuu..
Assalamualaikum..

Da deket ni... acara Pameran Merah Putihnya.. yang punya waktu dan kesempatan dateng ya.. Rame-rame bawa geng kumpul-kumpul nikmati serunya pemandangan dengan nuansa merah putih.. temukan juga kapal pinisi ya gaaeess... ^^


Mau ikutan workshop juga boleh.. niih yang penasaran sama bunda Nisa dengan karyanya.. hayuk datanglah...



Beneraan.. Workshopnya macem-macem, talkshownya banyaak.. cek deh fbnya bunda Wien Wardana. Disana bakal nambah ilmu, nambah pengetahuan, nambah temen... daan mungkin nambah koleksi yaa.. ^^




Adida juga tampil lho.. pokoknya akan banyak quilters yang hadir.. kebayangkan kerennya 72 tahun Dirgahayu Indonesia Merdeka!

Jangan lupa di Musium Tekstil tanggal 12-26 Agustus 2017.

#pameranmerahputih
#quilt72merahputih
#72thmerdeka
#dirgahayuindonesia
#indonesiaraya
#akupancasila


Senin, 24 Juli 2017

Pinisi

Tau kan.. Pinisi itu kapal tradisional dari Indonesia.. yayayyaa.. berasal dari suku Bugis dan suku Makassar di Sulawesi Selatan.. ^^

He-eh bener.. jadi Pinisi itu merupakan nama layar. Kapal yang memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar (tiga diujung depan, dua didepan dan dua di belakang).
Biasanya kapal Pinisi ini digunakan untuk mengangkut barang antar pulau lho..

Dua tiang layar utama dimaksudkan sebagai dua kalimat syahadat sedangkan tujuh layar merupakan jumlah ayat dari surah Al-Fatiha. Kapal Pinisi ini juga mempunyai makna nenek moyang Indonesia ini mampu mengarungi tujuh samudra besar di dunia.. Wew kan!

Nah, dalam rangka mengikuti project gotong royong oleh bunda Wien, saya ikutan bikin quilt dengan membuat Pinisi ini.. Lihat..



Ceritanya kapal Pinisi ini sedang berlayar diterjang ombak gitu deh..  dari Banyuwangi ke Jakarta hehehe.. ^^


Temanya sih merah putih.. Dan mini quilt ini akan digabungkan dengan karya quilters lainnya.. seruukan.. dari satu blok ini di jahit dengan puluhan blok lainnya, lalu akan dipajang didalam Musium Tekstil.. widiihh penasarankan..

Pengen liat datang aja ya.. ke Musium Tekstil.. ^^

Wastra Indonesia bekerja sama dengan Musium Tekstil mengadakan Pamerah Merah Putih pada tanggal 12 - 26 agustus 2017.



Akan ada banyak WS yang diadakan.. dan juga talkshownya macem-macem.. infonya coba cari deh Fbnya bunda Wien Wardana.. atau datang langsung ya selama pameran.. Pasti seru itu..

#pameranmerahputih 
#acarapameranmerahputih #72thindonesiamerdeka
#musiumtekstil
#kreasibundaeqilla
#akubisajahit

Kamis, 20 Juli 2017

Main di Transmart

Libur memang sudah usai ya mams.. tapiii saya belum usai menceritakan liburan kakak kali ini.. simaak yuuk..!

Aslinya mo liburan ke Malang.. namun ga dapat tiket ke Malang langsung jadinya kita beli tiket ke Surabaya dulu.. yeeaayy adek Kei naik kreta dianter uti akung... huyuu chuu chuuu.. jes ejes chuuu...


Nah abis istirahat dirumah neneknya adek Afran.. kita langsung cuuzz ke Transmart Surabaya.. cuihuuy reek!


Disini suasananya oke.. banyak dinonya.. jadi sebelum main ini itu sempetin berfoto dulu yaa.. ^^



Anaknya dino ini bisa manggut-manggut lho.. hehehe. Sebelum kami berfoto, beberapa anak kecil seakan-akan memberi makan mereka.. sambil bilang.. mamam ya.. nyam-nyam-nyam... iih lucu!


Oke, bagian seru lainnya adalah permainan.. hmm kakak dan adek Afran lagi antri nih.. mereka berdua semangat banget kalo soal bermain.. hohoho.. ^^



Sesai main ini itu kan ada yang dapat kupon tuh.. nah yang heboh kalo dapat kuponnya buanyaak.. mo dikumpulin biar dapat sovenir yang keren.. katanya.. hohohoo sampai kapaan ya..



Liburan di Transmart Surabaya memang menyenangkan, mo blanja-blanja oke.. mo cuci mata.. bisa... hehehee.. Bener lho.. buat keluarga kecil kita, ajak main disini aja kakak da seneng.. tenan iki rek! ^^

"Ternyata Transmart nyata ya Nda..." begitu kata kak Qilla saat berada didalam Transmart.. Ahahaa kak, kayak iklan ajah! Alhamdulillah ya, akhirnya kesampaian juga ke Transmart... kebanyakan liat iklan sih.. ^^ 

Da puas main.. da muter-muter.. da makan.. ya daah akhirnya kita pulaaang.. cuzz ke kota Malang ya.. 

#liburankita #ceritakita #asyiknyamain #transmartsurabaya #ndangbudal


Selasa, 18 Juli 2017

Kampung Luwak

Lanjut cerita berikutnya ya gaees..

Suasana masih lebaran nih.. karena melihat postingan temen lagi berada di kampung luwak.. maka akhirnya kita cuuzz kesana..

Apa itu Kampung Luwak?
Dalam benak saya.. mungkin rumah-rumah dikampung itu banyak luwaknya.. eh ternyataa.. ini sebuah tempat makan atau sekedar tempat nongkrong dengan menyajikan kopi luwak sebagai daya tariknya.. hmm.. yayayayaa..


Saat kami pergi kesana kampung luwak masih tutup.. lalu kira-kira jam satu siang sudah buka.. Yeeaay.. akhirnyaa.. ^^



Mau pesan apa pak?
Es Milo kata kak Qilla heheheee..

Buya sibuk mencari info tentang kopi luwak.. sedangkan saya sibuk memotret sambil menggendong adek Kei weheheei.. lihat aksi kakak tuh.. lari-larian sama adek Afran..



Banyak lampunya.. kalo makan malam mungkin keren ya... remang - remang gimana gitu hihihii namun awas nyamuknya.. hohoho.. Katanya waktu itu buka hingga tengah malam.. lumayan rame terutama turis asing yang sering datang.. waw kan.. (saia ajah yang baru tau.. hihihii.. ^^).. Foto dulu yuk..




Gimana sip kan.. Ada pohon kopinya juga lho... mo langsung kasih makan luwak, mungkin boleh ya.. (lihat jadwal makan dulu--->tanya mas nya.. ^^)

Eh iya disini dipelihara beberapa luwak. Kata kak Qilla ada yang gendut ada yang kecil.. ada yang hitam ada yang merah.. (bulunya agak merah maksudnya..)


Dan beginilah kotoran luwak yang sedang dijemur.. sebelum diproses menjadi minuman kopi lho.. 


Alhamdulillah kemarin dikasih segelas kopi luwak sama ownernya.. si mas baik ya.. hihihii.. Kalau ditanya rasanya.. pasti saya jawab pahit..! ^^
Ah ya.. yang penasaran mo kesana.. mending datang sore harian.. insyallah sudah buka..


LOKASI..??
Ah iya.. mau tau tempatnya? Cari saja statiun Karangasem Banyuwangi. Masuk kedalam lurus aja ke selatan atau tanya juru parkirnya pasti akan siap membantu.. ^^

Nah.. itu cerita kakak mo liat luwak. Yang hobi banget minum kopi luwak, bolehlah jastip ke saiaah.. ><

#ceritakami #nyobainkopi #luwakkopi #statiunkarangasembanyuwangi

Barong Banyuwangi

Hae.. Gaees.. apakabar.. ^^

Sebenarnya saya sangat ingin sekali menulis ini saat acara selesai.. bener.. namun apalah daya.. hihihi lebay ya.. masih banyak tamu yang datang dirumah Uti dan Akung.. karena ini cerita masih dalam suasana lebaran. Begitulah..

Ya, hari kedua lebaran biasanya kami berkunjung kerumah uyut di Wongsorejo.. itu adalah agenda rutin setiap tahun.. bahkan sebelum saya dan suami menikah. Namun.. uyut telah tiada jadi kali ini kita dirumah saja.

Tiba-tiba teringat ada agenda Barong Ider Bumi di Banyuwangi.. nah kali ini dengan sedikit mendadak kamipun pergi untuk melihat acara itu..

Yeeaayy.. kakek, nenek, ayi bisa ikut, sementara uti akung istirahat dirumah.. tante Nono masih di Nganjuk dan Om Denar masih di Surabaya.. ya sudahlah cuuzz..


Ini dia gapura menuju daerah Kemiren.. Ih ternyata tempat parkirannya sangat jauh dari tempat ritualnya.. waktu itu kita sudah mendengar suara musik barongnya.. wiih kita tellaat.. telaat banget deh.. jadi buru-buru mengejar si barong, karena kakak Qilla pengen liat barongnya..


Yaahh bener deh, telat.. si barong udah jalan jauuh.. buya aja sampe kaya mo lari ngikutin barongnya.. demi memvideo para barong tersebut.. ayyayayaa..demi kakak deh.. ><

Rasanya pengen pulang.. ga kuat ngikutin barongnya.. eh ada ibu-ibu bilang.. "abis ini muter lagi kok.." Waaah sungguh berita yang menggembirakan.. dan sambil menunggu, kami boleh memetik buah pisang yang berada disepanjang jalan itu.. lumayaaan..


Lamaaa juga ternyata, sejam lebih kayae.. itu si barong belum muter- muter.. jadii sementara menunggu kita berfoto dulu.. hehehe.. sambil mendengarkan suara musik yang khas dengan pemain musik sudah sepuh-sepuh... ^^


Acara awalnya kami memang tidak tahu.. namun yang pasti Barong ider bumi ini merupakan ritual upacara bersih desa yang dilakukan oleh masyarakat suku Osing di Banyuwangi. 
Yang hadir banyaak.. turis mancanegara juga ada.. penasaran kayak kita kali ya.. hahaha.. sebenarnya pengen tau.. ritualnya itu si barong diapain.. hehhehee..

Naah.. akhirnya setelah menunggu cukup lama.. si barong datang juga.. ^^


Ada banyak barong yang ditampilkan, arakan karnaval yang berbaju hitam.. dan yang lainnya.. Bapak mentri pariwisata Arief Yahya menaiki sebuah kereta kuda, sementara bapak bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas naik kuda beserta yang lain... Weeeh ternyata seru juga, rame.. eh iya penyanyi Danang juga ada.. hebohnya tuh disini.. ^^

Lalu.. acara dilanjutkan dengan menggelar tikar dijalan raya, mereka akan makan pecel pithik bersama-sama.. 
Begitulah.. karena hari sudah sore kamipun lanjut pulang.. hehehe senangnya kakak sudah melihat barong dari dekat.. ^^

#barongbanyuwangi #barongiderbumi #sukuosing #duasyawal #ceritakami #banyuwangiindonesiabanget