Sabtu, 16 September 2017

Belajar Patchwork, Bisa.. ^^

Mainan baru... Yeaay!!

Begitulah.. senangnya bunda Rita saat kit basic patchwork ala Q-La sedang dalam perjalanan.. ^^

Pensiun dari kerjaan membuat bunda Rita ingin mengisi waktu luang dengan belajar menjahit.. kali ini warna yang dipilih nuansa biru dan ungu.


Serunya contoh quilt kali ini merupakan kain panel dengan motif teko.. canttiiikkk deh.. horreew kan, semoga semangat dalam berkarya yaaa.. 


Mau belajar juga.. ??? ^^
Info wa 087880192999 

Mau tanya-tanya dulu juga boleh.. Kit basic patchwork ala Q-La dibuat jika ada yang berminat belajar. Kit berisi tutorial, template, contoh masing-masing blok, benang quilt, jarum quilt dan contoh quiltnya.. ah iya.. ga perlu datang ke tempat workshop jika memang tidak bisa datang.. ^^ belajarnya cukup dirumah masing-masing gitu deh.. Jadi yuk belajar basic ala Q-La 

#kitbasic #akubisajahit #kreasibundaeqilla
#ilovequilt #onlineclass #pilihkainsendiri
#patchwork #serunyajahitdirumah

Kamis, 07 September 2017

Selimut & Sajadah

Tengkiuu sudah order kakak.. ^^

Yippie, pattern selimutnya sudah jadi niih...


Critanya ini selimut buat anak cowok.. kalo sudah besar nanti mo jadi astronout.... wuusshh... keliling planet mengitari bintang dan menebus awan gitu deh.. aaah mimpi yang indah ya nak.. ^^

Daan desain sajadahnya.. seperti ini..


Ukuran 60x100cm desainnya ada motif mawar di ujung atas dan bawah. Warna tidak harus seperti itu ya.. boleh kok diganti dengan warna favorit.. Sementara yang ukuran 70x110cm desainnya seperti dibawah ini.. Bordernya berbunga-bunga..


Yang ingin bikin sajadah sendiri, dengan aplikasi bunga yuk marii.. koleksi patternnya.. hubungi 087880192999(wa yaa) Boleh juga order pattern yang lainnya..

Naaah kalau mau pesan selimut buat baby boy.. inbox fb mbak Siti Sarah ya.. dan sadajahnya bisa colek-colek fb mbak Ninik Indira.. ^^

#applique
#kreasibundaeqilla.blogspot.com
#patternquilt
#orderyuk
#ilovepatchwork

Selasa, 29 Agustus 2017

Menu Kacang

Begini.. 
Berhubung mau memasak gasnya habis, jadi mamamnya adek sedikit tertunda ya.. nungguin kakek datang buat masang gas hehehee.. lumayan sudah siang sih.

Ceritanya kali ini saya masak kacang hijau dan kacang merah.. Buat adek?? Iya, mamam dengan rasa baru... kombinasi baru yang belum pernah dicobain, gitu deh.. ^^

Caranya:
Rendam kacang hijau beberapa jam dengan air biasa namun saya beri potongan es beku. Halah apa itu namanya.. ice cool yang biasa buat pendingin itu lho.. bisa juga pake jelly cool gitu deh.. kalau tidak ada buatlah es batu dengan plastik kiloan. Jika sudah beku ya taruh di rendaman kacang hijau. Hal yang terkadang saya lakukan adalah malam hari cuci bersih kacang hijau, beri air lalu masukkan ke frezzer. Keesokan harinya kan sudah beku tuh, keluarkan dari frezzer dan tunggu mencair baru deh di masak..
Tujuannya, agar si kacang hijau ini empuk saat dimasak nanti. Ga usah menunggu sampe kacang hijau hancur semua, insyaallah sudah empuk... ini yang biasa saya lakukan lho.. ^^

Untuk si kacang merah, saya masak air panas dahulu. Kemudian rendam kacang merah yang sudah dicuci tadi dengan air panas, kira-kira dua jamlah. Tunggu sampai kacang merah ini nampak lebih gendut dari sebelumnya. Lalu rebus kacang merah hingga matang, ini lumayan agak lama ya.. Saya rebus hingga air mau habis terus ditambah air lagi.. benar-benar direbus hingga empuk agar rasanya enak dan mudah diblender.

Resep 1; 
Kacang Hijau vs Kacang merah

Blender kacang hijau dan kacang merah secara bersamaan. Untuk jumlahnya menyesuaikan ya.. ^^
Saya bikin satu gelas kecil kacang hijau dengan dua sendok makan kacang merah. Cuzz blender hingga lembut.

Resep 2;
Kacang Merah vs Nasi Putih

Berhubung nanti ga mau mamam resep 1, jadi dibuatlah resep kedua.. ^^

Kali ini saya pakai nasi yang sudah matang ya.. cukup dua sendok makan nasi matang, dua sendok makan kacang merah dan sedikit air. Blender hingga halus.

Kenapa bikin dua resep? 
Ya takut adek tutup mulut nih.. karena jadwal mamamnya sudah molor, jadi biar sekalian masaknya hehhee..


Oke, saat di tes resep pertama.. mulut dibuka lalu suapan kedua ditutup.. hmm.. tidak terlalu antusias.. Tes resep kedua, sama.. mulut di buka lalu ditutup.. hmm makin bingung nih saya.

Kembali ke resep pertama.. disuapin.. mulut dibuka lebar.. suapan berikutnya makin lebar.. ditunggu reaksinya.. eeh adek teriak.. mungkin mo bilang lagiii.. hehehe


Jadi resep pertama juaranyaa.. horraayy..!! Resep kedua itu mau mamam namun mungkin lebih tertarik pada resep pertama ya.. ^^

Monggo silahkan dicoba resepnya.. 

#mamamalakei #bikinanbunda #anaksehat #menualakei #kacanghijaukacangmerah

Senin, 28 Agustus 2017

Pure Buah

Bingung ya mo bikin apa buat mamamnya adek...?? Emm sini aja dulu, baca-baca... ^^

Berhubung sekarang adek Kei mamamnya agak sering, maka dibuatlah daftar menu ya (tidak harus sesuai jam sih). Dan waktunya disesuaikan dengan kebiasaan adek bangun. Misalnya, adek ikutan bangun atau bangun duluan sebelum kakak bangun. Kira-kira jam setengah 5 subuh. (Nah lho.. rempong kan kalo mo nyiapin sarapannya kakak.. Adek bangun, otomatis gendong dong.. hihihii ^^)
Maka, kira-kira jam 6 pagi adek sudah sarapan buah (dalam bentuk pure ya..) lalu jam 7.30 mandi pagi kemudian sekitar jam 8 pagi adek sudah tidur.

Setelah tidur kurang lebih sejam adek bangun.. dan kemudian sekitar jam 10 pagi mamamnya bisa kentang, labu, nasi putih atau beras merah.. lengkap dengan kombinasinya.

Jam 12 siang mamam pure buah lagi.. dan jam 3 sore mamam pure kentang dan sebagainya.

Terkadang tidak sesuai jadwal sih.. bangun subuh.. eeh agak lama tidur lagi hingga jam 9 nan.. suka-suka deh mamamnya, pokoknya disiapin dahulu.. ^^

Nah, jika buah pir dan jeruk baby menjadi favorit adek sudah habis stoknya.. maka menu barunya adalaaah...

1. Semangka
Semangka secukupnya, dibuang bijinya lalu di blenjer sebentar.. tanpa air ya.. hmm rasanya yang manis bikin adek suka..

2. Jambu merah
Jambu yang pink itu lho.. dikupas kulitnya, dibuang bijinya lalu di blender, tambah air dikit ya.. jika sudah lembut di mamam deh..

3. Jambu Kristal
Sama dengan jambu yang merah, kupas kulitnya buang bijinya lalu blender sampai halus.. tambahin air juga lho.. kalo jambunya manis, rasa purenya enaak sekali.. adek suka..


Sekarang pure jambu kristal ini sudah menjadi favoritnya adek lho.. nah kalo pas mulutnya tertutup rapat lagi.. itu berarti kembali ke menu sebelumnya.. hihihihii.. Silahkan dicoba..

#mamamalakei #bikinanbunda #adeksehat #sukabuah #semangkajambukristal

Pure Saken Merah

Tiba-tiba pengen jadi cheff.. ^^

Kepikiran pengen jual makanan bayi yang sehat. Ya, karena suka banget deh kalo liat adek Kei mamamnya lahap hap hap haap.. 

Oke menu kali ini adalah Pure Saken Merah.. yaitu bahannya terdiri dari Sabrang Kuning (Ubi jalar) vs Kentang vs Kacang Merah. Untuk beratnya sih menyesuaikan. Saya pakai satu sabrang, satu kentang dan dua sendok makan kacang merah.. 

Caranya mudah kok, sama seperti sebelumnya... Sabrang dan kentang di kukus sementara kacang merah direbus hingga lunak.


Masukkan dalam wadah, lalu blender deh.. Eh jangah lupa airnya ya.... sesekali di cek, kacang merahnya sudah hancur apa belum.. kalau sudah lembut, pure siap di santap.. ^^


Naaah.. sebelumnya, adek kei mamam pure sabrang kuning aja. Usai di kukus, dijadiin pure.. adek mau mamam.. namun jika keesokan harinya pakai menu yang sama.. hmm biasanya tidak terlalu hap hap.. makanya terciptalah menu Pure Saken Merah ini... hihihii..

Yang punya bayi, monggo silahkan dicoba.. eits.. ini bayi usia 6 bulan ke atas ya.. campuran air boleh diganti asi.. selamaat mencoba ya bunda... ^^

#menualakei #puresakenmerah #pengenjadicheff #mamamalakei #bikinanbunda #anaksehat 

Pure Labu Kuning

Taukan labu kuning..??

Iya.. ada yang menyebutnya waluh. Buah dari tanaman yang merambat yang berwarna oren gonjreng itu.. ternyata vitaminnya banyaak lho.. cocok untuk perkembangan balita. Kalsium dan magnesiumnya membantu membangun tulang yang kuat. Zat besi untuk memproduksi hemoglobin atau sel darag merah, fosfor untuk fungsi pencernaan, fungsi otak, pembentukan protein daaan sebagainya..

Karena itulah saya mencoba membuat pure labu kuning buat adek Kei..



1. Pure Labu (pumpkin)
Sepotong labu dibersihkan bijinya, lalu di cuci. Potong menjadi dua bagian kemudian di kukus. Jika sudah lunak, blender labu dengan sedikit air.. maka jadilah pure labu kuning... dan rasanya nyamiiie sekali, manis enak gitu dan adek suka, mamamnya banyak.

2. Labu vs Kentang vs Kacang Merah
Berhubung adek ini suka rasa baru... maka dibuatkan kombinasi tiga bahan ini. Ya, rebus kacang merah hingga empuk (sebelumnya direndam air panas). Kukus labu dan kentang hingga matang. Siapkan blendernya, campurkan tiga bahan tersebut dengan air secukupnya.. daan jadilah menu baru.. Yeay!

3. Labu vs Edamame
Nah, dilain hari saya bikin campuran labu kuning dan edamame.. enak lho, adek suka..

Kukus potongan labu dan rebus edamame. Blender halus dengan tambahan sedikit air.. Mudah kan.. ^^

Cobain deh.. eh labu kuning yang di kukus dibuat campuran bubur kacang hijau juga ueenaak hehehehee.. ciyus! kata saya sih.

note:
Makasih buat uti sudah dibawain labu dari Wongsorejo. Asli ini labu enaak sekali.. Dan sayapun mendaftar jadi penggemar labu.. ^^

#mamamalakei #anaksehat #bikinanbunda #purelabukuning

Bubur Nayam Merah

Yippiiee...
Menu baru buat adek Kei diberi nama Nayam Merah.. apa itu??? Adalah nasi putih vs bayam vs kacang merah.. hehehee


Begini buatnya;
1. Beras secukupnya direndam kira-kira sejam gitu deh. Siapkan air dalam panci, beras tadi di taruh dalam wadah yang lain kemudian ditim.
2. Rendam kacang merah dengan air panas. Sekitar sejam, lalu rebus hingga matang atau lunak.
3. Saat nasi mau matang masukkan beberapa lembar bayam yang sudah dicuci. Saya hanya menggunakan daunnya saja ya, batang bayam tidak dipakai atau cuma sedikit sekali.
4. Nah, jika semua bahan sudah matang.. maka siap diblender. Jangan lupa kasih air ya.. Blender sampai lembut dan siap disantaap.. nyammiiee..

Eh iya, untuk kacang merah, saya pakai dua sendok makan saja ya.. ^^ selamat mencoba

#buburalakei #bikinanbunda #anaksehat #mamamalakei #nasibayamkacangmerah