Rabu, 02 Juli 2014

Tutorial Membuat Taplak Lebaran (3)

Yuuhuu... sudah saatnya mengquilt.. ^^, ya apa.. sejauh ini tidak ada masalah kan.. ?? Kita mulai yuk, pelajaran selanjutnya..

Gambar pola quilt pada Top Quilt ya.. seperti ini misalnya.. lalu setelah itu dilanjutkan dengan proses membasting ^^



PROSES MEMBASTING

Letakkan backing dengan motif kain yang bagus beradapan dengan lantai. Lalu silikon dan yang paling atas Top Quilt yang sudah digambar tadi. Gunakan jarum pentul agar posisi tidak berubah. Kemudian jelujur seluruh bagian Top Quilt. Perlu diperhatikan bahwasanya backing dan silikon haruslah lebih besar daripada Top Quilt. Dikarenakan untuk mempermudah proses quilting.. ^^



PROSES MENGQUILT

1. Gunakan pembidangan dan pasang di bagian tengah (lihat gambar dibawah ini). Rapikan bagian alasnya, jangan sampai berkerut ya.. jika permukaan sudah halus, maka siap diquit.



2. Siapkan benang dan jarum quilt. Buatlah 3x lilitan pada ujung benang quilt.  Masukkan jarum dari atas menembus silikon (hanya sampai lapisan kedua) kemudian keatas kebagian yang akan di quilt, tarik hingga lilitan tersembunyi. Mulailah mengquilt dari tengah..


3. Tusukan pertama, jarum haruslah tegak lurus dan menembus sampai ke bagian bawah. Selanjutnya posisi jarum miring atau tidur seperti menjahit jelujur. Jika benang mau habis, atau garis yang diquilt sudah selesai maka buatlah lilitan terlebih dahulu sekitar 1" diatas kain. Masukkan jarum dan tarik hingga lilitan itu tersembunyi didalam kain. Gunting sisa benang quilt yang masih kelihatan.. ^^




4. Quilt bagian tengah dan sekitarnya, kemudian bergeser ke bagian samping kiri kanan. Bagian ketupat bisa di quilt penuh seperti gambar dibawah ini.. Lakukan hal yang sama hingga seluruh bagian diquilt dengan sempurna. Setelah itu, gunting bagian tepi...



5. Proses berikutnya adalah binding. Gunakan warna yang sama atau senada. Potong kain ukuran 2 3/4" atau sekitar 7cm lebarnya.


6. Jahit seperti ini saat menyambung kain agar binding bisa lebih panjang.


7. Setelah itu tekuk menjadi dua dan letakkan binding ke bagian tepi taplak.



8. Beri jarum pentul agar posisi tidak berubah. Untuk bagian ujung, tekuk binding seperti gambar dibawah ini.. dengan membentuk sudut 45º lakukan hingga hal yang sama hingga keseluruh bagian tepi.



9. Mulai menjahit 7cm dari ujung binding. Jahit secara perlahan dan berhentilah sekitar 1cm sebelum ujung. Lihat tanda panah dibawah ini. Jahit mundur atau backstitch agar jahitan lebih kuat.



10. Ambil jarum yang berada dibagian sudut. Tarik kain keatas, atur posisi kain seperti gambar dibawah ini. Kemudian mulailah menjahit...  ^^  lakukan hal yang sama pada setiap sudutnya.


11. Saat proses binding hampir selesai. Tekuk ujung binding pertama seperti gambar dibawah ini( membrntuk sudut 45º). Masukkan ujung binding kedua kedalam ujung binding pertama. Beri jarum pentul agar posisi tidak berubah kemudian jahitlah perlahan. Sum sembunyi bagian binding yang ditekuk tadi, agar binding lebih kuat.





12. Nah, jika semua sudah selesai dijahit. Tekuk binding kedalam atau menempel pada backing. Sum sembunyi pada seluruh bagian taplak..



Dan.. Taraaattt.. inilah hasil akhirnya.. Taplak Lebaran sudah jadi.. ^^ 



Bunda dan kak Qilla mejeng dulu ya... ai .. ai ai..ai..aaii...





Selamat Mencoba Ya... ^^

2 komentar:

  1. mbakk,, kreatif bangettt siii,, bisa bikin segala2....
    jadi ngiriiii,,,

    BalasHapus
  2. Hallo mbak Kuswati neneng, salam kenaal.. ;)
    makasih pujiannya.. blm bisa dibilang bikin segala2 mbak.. ^^
    masih terus belajaar..
    jangan cuma ngiri doong.. >< hayuuk belajar sama2..
    kan udah ada tutorialnya.. di praktekkan yaa.. ^^

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Kreasi Bundae Qilla