Selasa, 18 Juli 2017

Barong Banyuwangi

Hae.. Gaees.. apakabar.. ^^

Sebenarnya saya sangat ingin sekali menulis ini saat acara selesai.. bener.. namun apalah daya.. hihihi lebay ya.. masih banyak tamu yang datang dirumah Uti dan Akung.. karena ini cerita masih dalam suasana lebaran. Begitulah..

Ya, hari kedua lebaran biasanya kami berkunjung kerumah uyut di Wongsorejo.. itu adalah agenda rutin setiap tahun.. bahkan sebelum saya dan suami menikah. Namun.. uyut telah tiada jadi kali ini kita dirumah saja.

Tiba-tiba teringat ada agenda Barong Ider Bumi di Banyuwangi.. nah kali ini dengan sedikit mendadak kamipun pergi untuk melihat acara itu..

Yeeaayy.. kakek, nenek, ayi bisa ikut, sementara uti akung istirahat dirumah.. tante Nono masih di Nganjuk dan Om Denar masih di Surabaya.. ya sudahlah cuuzz..


Ini dia gapura menuju daerah Kemiren.. Ih ternyata tempat parkirannya sangat jauh dari tempat ritualnya.. waktu itu kita sudah mendengar suara musik barongnya.. wiih kita tellaat.. telaat banget deh.. jadi buru-buru mengejar si barong, karena kakak Qilla pengen liat barongnya..


Yaahh bener deh, telat.. si barong udah jalan jauuh.. buya aja sampe kaya mo lari ngikutin barongnya.. demi memvideo para barong tersebut.. ayyayayaa..demi kakak deh.. ><

Rasanya pengen pulang.. ga kuat ngikutin barongnya.. eh ada ibu-ibu bilang.. "abis ini muter lagi kok.." Waaah sungguh berita yang menggembirakan.. dan sambil menunggu, kami boleh memetik buah pisang yang berada disepanjang jalan itu.. lumayaaan..


Lamaaa juga ternyata, sejam lebih kayae.. itu si barong belum muter- muter.. jadii sementara menunggu kita berfoto dulu.. hehehe.. sambil mendengarkan suara musik yang khas dengan pemain musik sudah sepuh-sepuh... ^^


Acara awalnya kami memang tidak tahu.. namun yang pasti Barong ider bumi ini merupakan ritual upacara bersih desa yang dilakukan oleh masyarakat suku Osing di Banyuwangi. 
Yang hadir banyaak.. turis mancanegara juga ada.. penasaran kayak kita kali ya.. hahaha.. sebenarnya pengen tau.. ritualnya itu si barong diapain.. hehhehee..

Naah.. akhirnya setelah menunggu cukup lama.. si barong datang juga.. ^^


Ada banyak barong yang ditampilkan, arakan karnaval yang berbaju hitam.. dan yang lainnya.. Bapak mentri pariwisata Arief Yahya menaiki sebuah kereta kuda, sementara bapak bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas naik kuda beserta yang lain... Weeeh ternyata seru juga, rame.. eh iya penyanyi Danang juga ada.. hebohnya tuh disini.. ^^

Lalu.. acara dilanjutkan dengan menggelar tikar dijalan raya, mereka akan makan pecel pithik bersama-sama.. 
Begitulah.. karena hari sudah sore kamipun lanjut pulang.. hehehe senangnya kakak sudah melihat barong dari dekat.. ^^

#barongbanyuwangi #barongiderbumi #sukuosing #duasyawal #ceritakami #banyuwangiindonesiabanget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Kreasi Bundae Qilla