Senin, 13 Januari 2014

Etnik Banyuwangi

Barong Kemiren disebut juga Barong Banyuwangi merupakan kesenian kuno asal Banyuwangi, dimana bentuk seni pertunjukan rakyat ini menggunakan media barong. Kesenian ini diyakini sangat sakral, sehingga ada perlakuan khusus... Disaat-saat tertentu barong harus diupacarai, diberi sesaji serta dirawat dengan hati-hati.

Untuk melestarikan kesenian ini Pemkab Banyuwangi biasanya mengadakan pawai budaya, atau biasa kusebut sebagai karnaval...

Duluuu, waktu aku masih kecil, yang aku tunggu-tunggu dari karnaval adalah Barongnya..Biasanya parade barongan ini muncul diakhir karnaval. Dengan suara tabuh yang sangat keras dan kencang, Barongan ini beraksi beserta teman-temannya.. Barongan yang super besar akan dikawal oleh beberapa orang. Konon disaat-saat tertentu orang yang sedang berada didalam barong tersebut bisa kesurupan.. maka dibutuhkan pawang untuk bisa menyadarkannya. Gaya jalan Barongan ini juga khas, maju beberapa langkah lalu berhenti lalu sempoyongan.. dan akan mengejar gerombolan penonton yang sedang bersuit... "Suuiiit suiiitt..." Biasanya yang suka mengejar itu anak buah barongan. Penonton menyebutnya "Pitik-pitikan" (ayam-ayaman). Manusia yang memakai topeng bentuk Ayam, lengkap dengan sayapnya akan mengejar penonton yang bersuit, lalu menyundulnya. Percaya atau tidak, adakalanya si penonton itu bisa kesurupan. Nah kalau sudah begitu, pawang barong akan segera memberi pertolongan.. heheh disadarkan maksudnya..

Sekarang ini, Barongan sudah banyak dilestarikan.. banyak karnaval yang dimeriahkan oleh Barongan. Tapi Barongannya tidak pake kesurupan ya, karena yang memakai anak kecil, jadi nampak lucu saja..

Inilah contoh Barongan untuk anak-anak..


Nah, bagi yang membutuhkan Barong seperti gambar diatas baik untuk karnaval maupun koleksi segera hubungi 081 330 677629

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Kreasi Bundae Qilla