Rabu, 22 Januari 2014

Tips Membersihkan Teflon

Hi bunda,
Beberapa waktu lalu, saya bertanya pada ibu-ibu di Group Bikin Rumah Jadi Cantik dan Rapi, tentang cara membersihkan teflon. Nah kebanyakan mereka menyarankan untuk membersihkan dengan cara sebagai berikut:

1. Siapkan teflonnya, basahi sedikit dengan air


2. Siapkan garam dapur, sabun colek dan sabut aluminium. Karena menggunakan bahan yang ada dirumah, saya menggunakan cleaning powder B29 ya bun..

3. Letakkan 1 sendok teh garam, pada bagian bawah teflon yang hitam, diamkan sebentar. Taburi dengan B29, diamkan sebentar. Lalu gosok dengan menggunakan sabut aluminium... sesudah itu cuci bersih dengan air. Untuk teflon yang paling hitam, begini hasil pertama kali digosok. 


Butuh beberapa kali gosok ya bun, agar teflon kembali bersih. Kemarin, saya mencoba pada teflon yang tidak terlalu hitam seperti gambar diatas. Habis dipake, dicuci dengan cara diatas. Digunakan untuk masak lagi, lalu dicuci dengan cara yang sama, sebanyak 3x pencucian, maka hasilnya seperi gambar dibawah ini..

Sedikit ribet memang, dan butuh kesabaran ya.. hanya dengan menggunakan bahan seadanya dirumah, insyaallah teflonnya bisa bersih kembali. Namun ada cara lain untuk membersihkan teflon, simak ya.. ^^

Menurut bunda Opy Novi bunda Nita dan bunda Ema Irawan, gunakan Cif Cream. 
Olesi bagian bawah teflon dengan Cif, biarkan sejenak dan gosok dengan sikat gigi lalu cuci dengan air + sabun. Ulangi sampai bersih.

Menurut bunda Eni Yunaidah, gunakan Magic Cliing.
Caranya basahi dulu obyek yang mau dibersihkan, kemudian taburi bubuk magic cliing sambil digosok. Kemudian diamkan 5menit lalu gosok lagi dan dibilas sampai bersih. Magic Cliing Food Grade dari Tulipware.

Ada juga tips dari bunda Ovi House.
Sebelum panci atau wajan dipake untuk memasak olesi dengan sabun colek dulu.

Menurut bunda Dina F Meldaria
Pertama direndam air panas ditambah sitrun selama 30 menit. Air penuh sampai teflon/pan tenggelam. Gosok pakai abu gosok dan Cif. Kedua, pakai garam dan Cif. Diamkan kira-kira 10 menit, lalu gosok. Digosok pakai kain saja..

Nah bunda, itulah tips-tipsnya, semoga bermanfaat ya..
Terima kasih banyak buat bunda -bunda yang sudah memberi saran dan tips.

2 komentar:

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Kreasi Bundae Qilla